pesan


Jangan Lupa Di,follow like dan Koment

judul

Slide Ivan Saylor Slideshow: Ivan’s trip from Jakarta, Jawa, Indonesia to Pematangsiantar (near Pematang Siantar, Sumatra) was created by TripAdvisor. See another Pematang Siantar slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

Selasa, 03 Januari 2012

Kerajaan Kutai


Kerajaan Kutai Merupakan Kerajaan Tertua di Indonesia.Kerajaan Kutai Terletak di daerah Kutai Kalimantan Timur. Pusat Pemerintahan Kerajaan Kutai diperkirakan berada di Muarakaman di tepi sungai Mahakam.

Kerajaan Kutai meninggalkan prasasti berupa tiang-tiang batu yang di kenal dengan sebutan Yupa. Kata yupa memiliki arti tiang batu sebagai tempat untuk mengikat binatang korban yang di persembahakan kepada dewa. Yupa-yupa tersebut dibangun atas perintah Raja Mulawarman sebagai peringatan bahwa ia telah memberikan korban besar-besaran dan hadiah untuk kemakmuran negara dan rakyatnya.

Huruf yang dipakai dalam penulisan yupa adalah huruf pallawa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sansekerta. isi dari yupa itu antara lain silsilah raja yang mengatakan bahwa maharaja Kundungga mempunyai seorang putra bernama Asmawarman. Asmawarman disamakan dengan Dewa Ansuman( Dewa Matahari). Asmawarman mempunyai tiga putra, salah seorang yang termuka adalah Mulawarman.

Raja Pertama kutai yang terpengaruh oleh ajaran hindu adalah Asmawarman, Asmawarman adalah anak dari kundungga seorang kepala suku di kutai. Pengganti Asmawarman adalah anaknya Mulawarman, dibawah kepemimpinannya kutai memiliki kemajuan. Raja Mulawarman adalah raja yang bijaksana, Kuat dan berkuasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar